Fitur Windows 7

Standard

Aero Peek

Ini pembaruan dari fitur Aero di Vista. Jika pengguna memiliki banyak window yang sedang terbuka, Peek akan menonjolkan sesuai dengan keinginannya, sedangkan window lain jadi transparan.

Sharing with HomeGroup

Fungsi fitur ini menghubungkan komputer berbasis windows 7 ke network di rumah untuk berbagi gambar, musik, video, dokumen, dan printer. Untuk memasang HomeGroup, pengguna harus mempunyai file, folder, atau device yang ingin dibagi, dan kemudian buat password. Tujuannya agar pengguna yang memiliki password-lah yang bisa bergabung di HomeGroup.

Media Streaming Options

Fitur ini membolehkan pengguna membatasi komputer apa saja yang mengakses file-nya dengan memilih “more streaming options” dari menu Windows Media Player.

Play To dan Aero Snap

Fitur Play To dapat digunakan untuk mengirim media file ke komputer atau peralatan di network. Misalnya mengirim klip video ke TV atau mengirim musik ke laptop yang terhubung dengan speaker.

Sementara itu, fitur Aero Snap memperbolehkan pengguna membuka dua window bersampingan dan menarik window ke tepian layar.


Jump Lists dan Libraries

Jump Lists menyediakan sebuah akses cepat kepada pengguna dengan Start Menu mini yang berisi daftar foto, musik, dokumen, atau link. Windows 7 membedakan Library dari jenis file seperti kontak, dokumen, download, musik, foto, dan video. Setiap Library mendapat sentuhan seni sesuai dengan jenis file dan dapat di-share dengan pengguna lain di rumah dengan HomeGroup.

Jump list terdapat disetiap program pada menu start dan windows taskbar mempermudah dalam mencari sesuatu. Secara otomatis disusun berdasarkan yang paling baru dan sering dibuka sehingga lebih sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mencari lagu favorit, atau file yang baru dikerjakan.

Taskbar Peek

Fitur ini mirip Aero Peek untuk thumbnail taskbar. Jika tetikus melewati aplikasi di taskbar Windows 7, thumbnail akan terbuka sesuai dengan aplikasi yang dilewatinya. Jika dalam Windows taskbar ada tiga program (dokumen Word, browser, dan IM) yang sedang berjalan dan tetikus melewati thumbnail, setiap aplikasi yang dilewati akan terlihat dan lainnya jadi transparan.

Windows Media Player Taskbar Controls

Pengguna hanya perlu melewati ikon aplikasi Windows Media Player di taskbar, maka thumbnail lengkap dengan pilihan mengontrol dan memainkan lagu akan tampil.

Fastern on, Fastern off

Pengguna Windows 7 akan memperoleh manfaat dari peningkatan kinerja waktu memulai (start-up), resume dan menutup matikan (shut dows) PC yang lebih cepat dan peningkatan power management.

Windows Live Essentials

Komunikasi dan berbagai layanan merupakan salah satu hal yang penting. Di Windows 7, fitur yang ada di versi Windows sebelumnya akan disediakan secara cuma-cuma melalui program Windows Live Essentials. Pengguna dapat mengakses data offline dan melakukan berbagai hal untuk foto, video dan hal lainnya.

Internet Explorer 8

Berselancar di dunia maya dengan IE 8 semakin matap dengan menyesuaikan keperluan penggunaanya melalu peningkatan di kecepatan, dan smart screen filter, yang membabtu PC tetap aman dengan memberitahu situs yang memiliki potensi bahaya.

Windows Search

Fitur ini dapat mengidentifikasikan lokasi dan membuka file apapun pada PC dari menu start dengan hanya mengetik satu atau dua kalimat.

Web Slices

Fitur ini merupakan yang terbaru di Windows 7 dimana pengguna dapat memotong bagian yang ditargetkan dari sebuah situs yang kemudian ditempatkan di toolbar Internet Explorer 8 untuk referensi yang mudah dan cepat.

Parental Control

Membantu mengatur waktu yang spesifik & menentukan program, situs serta game yang diperbolehkan untuk diakses anak-anak. 

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s