WHO ARE MANAGER?? AND WHAT DO MANAGER DO??

Standard

Who Are Manager??
Manajer mengatur dan memonitor kegiatan organisasi secara objektif dengan mengalokasikan sumber daya manusia dan material dan mengoperasikannya secara langsung. Mereka menyatukan individu2 di dalam organisasi dengan tujuan dan kebutuhan dari organisasi itu sendiri, mengawasi setiap individu dan mengumpulkan tanggungjawab untuk memberikan apa yang dibutuhkan dalam bisnis. Manajer mempunyai beberapa aturan organisasi dan menunjukkan fungsinya, tapi pada dasarnya mereka semwa adalah pembuat keputusan.

2 kriteria manajemen yang baik :

  • Efisien
    Manajer harus efisien, yaitu menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang paling baik
  • Efektif
    Manajer harus efektif, yaitu menyakinkan bahwa pekerjaan yang mereka tunjukkan adalah yang terbaik.

     


What do Manager do??


Strategic planning adalah suatu proses untuk memutuskan apa misi, objek dan prioritas utama dari organisasi.

Manajemen kontrol memastikan sumber daya
(yang dialokasikan dalam strategic planning) ada dan digunakan secara efisien dan efektif.

Kontrol operasional dibutuhkan untuk memastikan semua kegiatan berjalan dengan lancar.

Peranan Manajer dan Kebutuhan Informasi
Peranan manajemen dalam organisasi sesuai dengan level manajemennya. Senior manager bertanggungjawab untuk mengarahkan strategi, middle manager memiliki peranan taktikal yang cenderung fungsional dan manajer lini (line managers) bertanggungjawab untuk menjaga operasi dari sebuah organisasi tetap berjalan dari hari ke hari.


Interpersonal Roles

  • Peranan manager sebagai figur/tokoh kepala (figurehead) menggambarkan organisasi atau menunjukkan aturan dan fungsi secara simbolis, seperti mendatangi pasar dagang, atau mengajak konsumen untuk makan siang.
  • Peranan sebagai pemimpin (leader) membuat semua manajer untuk lebih baik atau hebat dan termasuk proses perekrutan, promosi, pelatihan, memberikan dorongan, dan mendisiplinkan karyawannya.
  • Sedangkan sebagai penghubung (liaison), mereka mencari dukungan dari orang yang dapat mempengaruhi kesuksesan organisasi, seperti anggota panitia, pelanggan, suplier, atau pemerintah.

Informational Roles

  • Manajer sebagai orang yang memberikan peringatan (monitor) menerima dan mengumpulkan informasi dari luar ruang lingkup organisasi, seperti gosip tidak resmi dengan kontak atau pertemuan resmi dalam organisasi. Informasi tersebut kemudian disaring dan di evaluasi dan keputusan dibuat untuk memutuskan mana yang tidak perlu.
  • Manager sebagai orang yang menyebarkan (disseminator) informasi memberikan dan membagikan informasi kepada bawahannya. Informasi ini mungkin tidak dapat di akses oleh mereka dan mungkin juga bersifat rahasia. Membagi-bagikan informasi dapat menghabiskan banyak waktu dan manajer harus menggunakan penilaian yang hati-hati mana informasi yang penting dan relevan dan mana yang tidak.
  • Sebagai pembicara (spokesperson) manajer dilibatkan untuk menggambarkan seperti apa organisasi mereka kepada orang luar.

Decisional Roles

  • Manajer sebagai pengusaha sebagian besar penuh dengan inovasi dan perubahan, membuat desain dan mendorong rencana perubahan untuk meningkatkan posisi organisasi. Manajer menunjukkan peranan ini saat menginisiasi projek baru atau memasuki pasar bisnis baru.
  • Manajer juga berperan sebagai pemecah masalah. Peranan sebagai orang yang menangani gangguan (disturbance-handler) manajer memperbaiki tindakan sebagai respon untuk masalah yang timbul sebelumnya.
  • Sebagai orang yang mengalokasikan sumber daya (resource-allocators) manajer harus memilih antara permintaan bersaing untuk SDM, physical dan sumber daya keuangan. Keputusan yang dilibatkan, misalnya, jumlah anggaran yang dialokasikan untuk iklan atau berapa banyak staf yang diperlukan untuk shif yang berbeda.
  • Terkadang manajer juga berperan sebagai negosiator yang bijaksana, melakukan diskusi dan tawar menawar dengan orang atau kelompok untuk mencapai persetujuan. Negosiasi yang dilakukan baik diantara fungsi atau departemen dalam organisasi yang sama atau dengan kelompok luar seperti agen pemerintahan atau suplier.

SUMBER :

[Curry, et. all] Adrienne Curry, Peter Flett dan Ivan Hollingsworth, (2006), Managing Information and System, Routledge, London

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s