PERBANDINGAN MIS PADA LEVEL STRATEGIC, TACTICAL, DAN OPERATIONAL

Standard

Perbedaan keputusan dibuat oleh perbedaan tingkat manajemen dan didukung oleh perbedaan tingkat dan jenis dari sistem informasi itu sendiri. Berikut adalah proses pembuatan keputusan pada tiap tingkatan manajemen :

  • Long-term / strategic decisions

    Manager menetapkan alternatif, dan seringkali memfokuskan pada hubungan oganisasi dengan lingkungan luar. Contohnya mengambil alih perusahaan lain, perluasan perusahaan ke dalam pasar internasional atau mengimplementasikan strategi IS/IT terbaru. Beberapa keputusan sering kali tidak dapat di ulang lagi dan mempunyai implikasi terhadap pendapatan perusahaan.

  • Medium-term / tactical decisions

    Secara langsung keputusan yang dibuat dapat diulangi kembali jika dibutuhkan, memiliki implikasi terhadap pendapatan, dan untuk menempatkan suatu kebijakan.

  • Short-term / operational decisions

    Keputusan yang dibuat sering kali berulang dan menunjukkan hasil dari rumusan prosedur pada tactical level dengan cepat. Manajemen pengawasan membuat keputusan operasional mengenai kegiatan dari hari ke hari, seperti tingkat keluaran produksi, kontrol persediaan, dan pendistribusian sejumlah staff pada kegiatan yang berbeda.

SUMBER :
[Curry, et. all] Adrienne Curry, Peter Flett dan Ivan Hollingsworth, (2006), Managing Information and System, Routledge, London

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s